The Story of Me...

“The story about everything that I like :)”

Selasa, 18 Desember 2018

Melatih Motorik Anak Lewat Bermain

Hi, aku saat ini berstatus sebagai ibu bekerja yang memiliki tiga orang anak. Anak pertama sampai anak ketiga masing-masing memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Anak pertamaku tipenya lebih senang bermain dirumah, dan bukan tipe anak yang suka bermain lari-larian. Dia lebih suka menggambar ataupun menyusun puzzle dan mainan bongkar pasang. Tapi anakku yang nomer dua cenderung lebih aktif, dia suka bermain bersama teman-temannya di luar rumah. Dan anak ketiga ku lebih aktif lagi, tiap hari mainnya lari-larian, naik sepeda dan apapun yang berhubungan dengan kegiatan fisik.



Aku dan ketiga anakku


Setiap ibu pasti punya cara pengasuhan anak yang berbeda-beda tapi dengan tujuan yang sama yaitu untuk tumbuh kembang anak. Aku ini termasuk ibu yang santai, aku selalu membebaskan anakku dalam bermain tapi masih dalam pengawasanku. Aku juga bukan tipe ibu yang mengikuti plek teori teori parenting yang sering bersliweran di media sosial. Aku ngalir aja yang penting pertumbuhan dan perkembangan anakku sesuai dengan grafik tumbuh kembang anak. Untuk melatih motorik ketiga anakku aku juga gak menyediakan mainan-mainan khusus. Aku simple aja misalnya dengan bermain kejar-kejaran itu sudah melatih motorik anak. 

Kalo untuk anakku yang pertama laki-laki, dia suka bermain bongkar pasang jadi ku belikan bongkar pasang yang awalnya ukurannya besar-besar sampai sekarang yang ukuran nya kecil-kecil. Main bongkar pasang ini juga bagus untuk melatih mototik anak dan daya imajinasi anak. Selain itu kusediakan juga alat-alat menggambar dan kertas untuk menggambar. Tapi tetep ya bu ibuk walaupun udah dikasih media untuk menggambar tetep aja tembok jadi sasaran empuk anakku untuk menggambar. Dan aku biarkan saja anakku untuk berekplorasi walaupun tembok penuh coretan. Menggambar dan mencoret-coret juga melatih motorik tangan anak loh.

Anakku yang nomer dua, kebetulan perempuan. Jadi hobinya bermain bersama teman-temannya. Mulai dari bermain peran, bermain masak-masakan, bermain boneka dan bermain sepeda. Anak gadisku ini suka banget ngorek-ngorek pasir / tanah yang ada di depan rumah dan dijadikan mainan masak-masakan bersama temannya. Aku membebaskan anakku bermain supaya bisa berkeplorasi dan belajar.  Dan yang terakhir anakku yang ketiga walau sekarang masih berusia dua tahun, tapi aktifnya luar biasa dan anaknya berani. Kalo kata orang diamnya pas tidur aja hehehehe. Anakku yang ketiga ini suka bermain mobil-mobilan yang dijalankan dengan kaki dan suka manjat-manjat. Dengan bermain mobil itu juga melatih motorik kaki anak. 



Main Mobil-Mobilan




Untuk menyalurkan energi aktif anak ke dua dan ketiga biasanya aq suka mengajak ke tempat bermain anak seperti prosotan. Nah kebetulan di deket rumah ku ada tempat bermain anak. Aku cukup membeli tiket Rp. 4000,- / anak, sudah bisa bermian prosotan, ayunan sepuasnya. Bermain jungkat jungkit, prosostan dan ayunan itu anak-anak happy selain itu bisa melatih motorik anak loh. Jadi melatih motorik anak bisa dilakukan dengan berbagai macam cara seperti bermain yang pasti menyenangkan bagi anak.



Main Prosotan


Kalo untuk masalah bermain, aku memang membebaskan anak. Tapi kalo untuk masalah makanan anak aku gak sembarangan loh. Anakku yang nomer tiga ini suka banget yang namanya ngemil dan sering banget minta beli snack-snack yang ada di warung. Kalo sesekali sih gak apa-apa tapi kalo keseringan kan juga ga bagus karena snack-snack warung itu banyak mengandung MSG. Trus aku cari-cari deh cemilan anak yang sehat untuk nyetok nyetok di rumah. Dan kebetulan nih beberapa hari kemaren aku dapet kiriman Monde Boromon Cookies. 



Monde Boromon Cookies



Monde Boromon ini merupakan biskuit untuk anak usia 1-5 tahun. Walaupin ini biskuit untuk balita tapi rasanya enak loh bu ibuk, aku aja suka banget sama rasa si Boromon ini, rasanya mengingatkan seperti biskuit jaman kecil aku dulu. Biskuit Boromon ini dibuat dari tepung kentang, bebas gluten, ada madunya dan ada minyak ikannya. Rasanya gurih dan ada manis nya sedikit. Anakku suka banget loh sama Monde Boromon. Aku jadi happy deh dapetin biskuit Boromon ini. 



monde-boromon-cookies
Monde Boromon Cookies


Bentuk dari biskuit Monde Boromon ini bulet-bulet kecil, ukurannya kayak kacang atom gitu. Dikemas dalam kardus berisi 6 bungkus Monde Boromon Cookies yang berbungkus beratnya 20gr. Dan jika terkena air liur si Boromon ini mudah meleleh dimulut si kecil. Karena bentuknya bulet-bulet kecil jadi melatih motorik tangan si kecil. Saat jari-jari mungilnya masuk kedalam kemasan  Boromon yang imut-imut dan berusaha mengambilnya. 



Makan Monde Boromon Cookies


Kayaknya aku perlu nyetok banyak nih Monde Boromon ini untuk stock selama libur akhir tahun. Harga Mondo Boromon ini per kardus Rp.12.500,- dan bisa di beli online di Mondemart atau pun di toko-toko online dan offline lainnya, Yuk bu ibuk nyetok Monde Boromon juga, jadi kita bisa memberikan ke si kecil cemilan yang sehat.



Makan Monde Boromon Cookies


1 komentar: