Manfaat Bermain Di Luar Bersama Anak

Hi Moms... Siapa disini yang anaknya gak suka bermain? Sepertinya gak ada ya. Rata-rata anak-anak memang suka bermain. Anakku yang nomer satu pun masih suka bermain padahal usianya sudah 12 Tahun loh hihihi. Aktivitas bermain bisa dilakukan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Kalo anakku yang nomer satu lebih senang bermain di dalam ruangan. Beda dengan anakku yang nomer kedua dan ketiga, mereka lebih senang untuk bermain di luar ruangan. Bermain di luar ruangan bisa dimana saja, seperti bermain di taman bermain, bermain di tempat wisata ataupun bermain di luar rumah.



Banyak manfaat yang di dapat loh mom dari bermain di luar ruangan yang aku rasakan, antara lain :

  • Belajar bersosialiasi, baru kira-kira dua bulan ini aku pindah rumah dengan lingkungan baru. Saat pindah awal-awal anakku belum punya teman. Tapi karena anak-anak tiap sore sering main di luar rumah jadi selang beberapa hari anak-anak langsung punya teman. dam juga sebulan dua kali aku sering mengajak anak-anakku untuk bermain di taman permain (playgound). Saat bermain di taman bermain biasanya ada anak-anak lain yang ikut untuk bermain. Nah tanpa kita sadari di taman bermain itu anak-anak mendapatkan teman baru. Anak-anak kita pasti langsung membaur dan bermain bersama dengan anak-anak lain yang ada di taman bermain. Bahkan anakku sampai janjian lagi loh  dengan teman barunya untuk bertemu di taman bermain itu lagi.

Bermain di Taman Bermain

  • Mengembangkan keterampilan motorik anak, anak-anak pasti berlari, kejar-kejaran dan melompat-lompat saat di luar ruangan. Seperti anakku yang nomer tiga (2 tahun) memang lagi senang-senangnya untuk lari-larian. Kebetulan di depan rumahku jalannya agak besar dan masih sepi, jadi anakku yang nomer tiga senang banget lari-larian dan sering bermain kejar-kejaran bersama kakaknya. Dengan banyak bergerak maka keterampilan motorik kasarnya pun semakin berkembang.
  • Merangsang panca indra anak, bermain di taman bermain baiknya saat pagi hari ataupun sore hari, saar matahari sudah tidak terlalu tajam. Dengan bermain di luar ruangan anak-anak bisa merasakan hangat nya matahari pagi, mendengar kicauan burung dan banyak hal lainnya. Anak-anaku beberapa kali kuajak untuk bermain pasir di tempat bermain deket rumah. Dari bermain pasir anak-anak bisa melatih indra perabanya. Bermain pasir juga bisa mengembangkan imajinasi anak, anak bisa membuat berbagai macam bentuk-bentuk dari pasir.

Bermain Pasir

  •  Dan banyak lagi manfaat bermain di luar lainnya. 

Susu UHT Indomilk Kids Full Cream




Anakku yang nomer tiga karena susah selesai minum ASI, sekarang kalo pergi kemana-mana selalu kubawakan susu UHT Indomilk Kids Full Cream. Karena susu UHT Indomilk Kids Full Cream ini tinggi kalsium, tanpa gula, tanpa garam dan praktis dibawa kemana-mana. Rasanya pun anakku suka, mungkin rasanya seperti ASI ya (mamanya belum pernah ngerasain ASI sendiri hihihi). Jadi saat di sela-sela anakku bermain di luar, aku selalu memberikan susu UHT Indomik Kids Full Cream supaya tetap bisa aktif karena #AktifItuSehat. Yang perlu diingat, saat anak bermain di luar, kita sebagai orang tua harus selalu mendampingi anak dan mengawasi anak. Dan juga ajak anak bermain ketempat bermain yang sesuai dengan usia anak. Anakku kalo sudah bermain di taman bermain suka lupa waktu dan susah banget untuk diajak udahan, pasti jawabnya sebentar lagi ma, bentar lagi. Tapi tetep aja ga inget omongan sebentar nya hihihi tetep aja main terus. Klo aku biasanya ada cara supaya anak mau udahan mainnya, aku akan kasih waktu ke anak, contohnya naik prosotannya dua kali lagi ya , biasanya setelah dua kali prosotan anak akan paham paling ya nego satu kali lagi setelah itu udahan deh mainnya. Kalo moms apa ada cara-cara khusus supaya anak mau udahan bermain di taman bermain? share di kolom komentar ya.

#IndomilkUHTKidsFullCream



2 komentar

  1. artikel yang sangat bermanfaat, kalau bisa anak jangan terlalu sering untuk main HP, tidak baik untuk kesehatan anda. Disarankan untuk bermain di luar dan melakukan aktifitas sehingga keringetan.


    Digital Printing Jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget, harus banyak aktifitas supaya teralihkan dari HP

      Hapus