The Story of Me...

“The story about everything that I like :)”

Jumat, 22 September 2017

Ngopi Cantik #2 - Belajar SEO

Hi… Hi…

Welcome to my blog..


Beberapa waktu lalu tepat nya hari Minggu tanggal 3 September, aq mengikuti sebuah acara yang diadakan oleh BEAUTIESQUAD yang dinamakan “Ngopi Cantik 2”. Acara ini dilakukan secara online loh melalui grup chat Whatsapp. Ngopi Cantik ini sudah berjalan dua kali dan akan ada lagi Ngopi Cantik 3, 4, dst. Biasanya pendaftaran untuk ikut Ngopi Cantik ini dibuka di Facebook nya BEAUTIESQUAD.

Tema yang di bawakan di Ngopi Cantik kali ini adalah “Belajar SEO Blog”. Dan yang membawakan materi kali ini adalah Mba Shintaries Nijerinda. Beliau merupakan Founder dari Blogger Perempuan Network, yaitu  komunitas yang menaungi lebih dari 3000 member Blogger Perempuan. Beliau juga merupakan professional Blogger dari www.shintaries.com, mentor blogging dan sosial media, serta blogging speaker.Wah pasti penasaran ya apa sih SEO itu.  Jujur aq juga belum terlalu paham apa yang namanya SEO. Walaupun aq udah ngeblog lama hehehehe. Nah mari kita gali ilmu SEO dari Mba Shintaries.

Apasih SEO itu? SEO adalah Search Engine Optimization, artinya, Optimasi Mesin Pencari. Tulisan di Blog, kita optimasikan untuk dapat ditemukan di mesin pencari. Nah kita pasti pengen donk blog kita gampang di temukan di mesin pencari Google dann ongol di halaman pertamanya google, yacaranyadengan SEO ini. Klo blog kitamudahditemukanoleh google otomatisjadibanyak yang baca dan pageview kita jadi naik deh.Apalagi klo konten blog nya mengenai beauty, ini yang paling banyak dicari di platform manapun.

I.     TEORI (Pemahaman)

Nah apa sih yang membuat blog kita terindeks oleh Google?

1.    Otoritas Blog
Yang dimaksud otoritas blog adalah kepemilikan blog. Google akan lebih memprioritaskan blog dengan akun yang tidak anonim dan memiliki identitas yang jelas. Salah satunya bisa dengan mengisi data di https://aboutme.google.com. Di situ ada data lengkap blog serta profil media sosial. Bisa mulai diisi semua datanya untuk menunjukkan kepemilikan blog. Kalau bisa, nama domain yang dimiliki juga didaftarkan dengan email yang sama.  Otoritas blog juga sering diartikan dengan Domain Authorithy (DA). Semakin besar nilainya, berarti semakin sering pula selalu terindeks di Google. 

2.    Konten
Isi konten blog tentu saja harus berkualitas dalam artian tidak copas, harus organik, natural, dan buatan sendiri ya. Yang paling baik dan paling disukai oleh Google adalah rutin update. Lebih sering, lebih baik. Bahkan kalau bisa update setiap hari itu SANGAT baik.  Konten dalam hal ini termasuk video dan image. Karena saat ada yang search dengan kata kunci tertentu, konten video dan image juga akan keluar. Jadi pastikan, untuk mengoptimasi video dan juga gambarnya. Agar lebih mudah terindek soleh Google lebih baik dalam satu blog kita memiliki konten satu tema khusus, jangan di campur adukkan.Klo blog ku sendiri sebenarnya masih campu aduk, belum ada tema khusus. Harusnya aq udah mulai dibagi-bagi satu tema satu blog.

3.    Template yang Fast Loading
Template memegang peranan penting dalam SEO.Karenaituada yang jual template dengan harga mahal Template yang dikenal dengan SEO Friendly ini berperan cukup besar. Nah bilaingin blog kita bias cepat muncul di halaman pertama, template kita jangan terlalu banyak script, ornament, music dan gambar yang berukuran besar. Karena loading yang dibutuhkan oleh Google hanya sepersekian detik agar muncul di halaman pertama.

Jadi apabila tidak memiliki template yang SEO friendly, kita bias akali dengan template yang seminimalis mungkin. Kita juga bias ubah ukuran gambar sebelum diupload dan hindari penggunaan script slider yang ukurannya besar. Usahakan maksimal lebar 600 pixel danberat 300 kb.

4.    Mobile Site
Jaman semakin canggih, rata – rata sekarang ini orang mengakses blog melalui mobile seperti android dan teman-temannya. Untuk itu blog kita harus bisa mobile site. Klo gak bisa ketinggalan jauh dah kita.

5.    Backlink
SEO adalah backlink karena banyak yang menyakini posisi di mesin pencari ditentukan oleh banyaknya backlink yang dimiliki oleh blog. Dan jika posisi blog bagus di mesin pencari otomatis Domain Authority (DA) nya pun akantinggi.

II.     TEKNIS 

Nah klo teknis ini lebih ke bagaimana kita menulis kontennya. Jadi sebelum kita publish tulisan, kita harus cek ulang kontennya. Karena klo udah publish ya udah ga bias dirubah-rubah lagi. Dan SEO ini juga akan baru keliahatan hasilnya 1-2 bulan tapi bias untuk jangka panjang. Kan klo konten kita oke otomatis bias menarik pembaca dan bias jadi nanti pembaca itu jadi pembaca tetap tulisan kita.

Secara teknis, hal yang harus dilakukan untuk optimasi mesin pencari adalah: 

1.    Menaruh kata kunci di judul
Ini penting banget, karena biasanya kan orang klo searching sesuatu yang mereka butuhkan. Misalnya kata kunci yang ingin dimasukkan adalah “nama brand lipstick”, maka buat judul tulisan yang menarik tapi tetep ada “nama brand lipstick” itu. Contoh judul : “Nama brand lipstick” lipstick ini awet seharian di bibirku.

2.    Ubah permalink
Secara default, kalau memakai judul di atas, maka link yang muncul adalah www.namadomain.com/nama-brand-lipstick-lipstick-ini-awet-seharian-di-bibir-ku. Kalau SEO ini harus diubah dulu menjadi www.namadomain.com/nama-brand-lipstick . Cara ubahnya tinggal diisi di setting permalink, klo di blog ku (blogpost)  ada di bagian kanan saat membuat tulisan. Tapi inget ini bias diubah klo tulisannya belum di publish ya.

ubah-permalink
Ubah Permalink

3.    Jumlah kata
Google sangat menyukai tulisan dengan jumlah kata yang banyak. Sesuai riset, jumlah kata yang sering terindeks adalah 800-1000. Jadi minimal dalam satu tulisan ada 800 kata, supay gampang terindeks Google.

4.    Image
Sebelum upload image, resize dan rename dulu dengan KEYWORD. Misalnya nama-brand-lipstick.jpg. Jika lebih dari 1, bisa menambahkan angka di belakangnya. Yang  penting adan ama brand nya.

5.    Internal dan Eksternal link
Selalu tambahkan link ke tulisan lain dalam blog kita (Internal) dan juga link ke blog/web lain (eksternal) sebagai referensi yaa. Related post dan Read more di halaman awal juga diperlukan karena itu dianggap sebagai internal link. Tapi jangan gunakan blogroll yang ada di sidebar yaa. Karena eksternalnya dianggap tidak baik, terlalu kebanyakan link keluar oleh Google.

internal-eksternal-link
Internal Eksternal Link

6.    Meta deskripsi
Yang paling penting sebetulnya adalah meta deskripsi, yang harus diaktifkan. Baik itu di wordpress dengan plugin atau di blogspot (setting -> search description). Karena merupakan ringkasan dari konten kita, yang akan muncul pada hasil pencarian. Hal ini akan berpengaruh pada ketertarikan orang untuk mengklik tulisan kita.  Meta deskripsi ini terletak di sebelah kanan (dibawah location) ini dibuat sebelum tulisan di publish ya.

Banyak blog yang berlomba-lomba mencari backlink, cara yang paling gampang untuk backlink adalah blogwalking. Karena klo kita ngunjungin blog orang dan ninggalin jejak seperti komentar biasanyasi pemilik blog akan mengunjungi blog kita juga. Nah ini juga bias bikin DA kita jadi naik. Dan cara termudah untuk SEO adalah dengan update blog setiap hari, karena google suka dengan fresh konten (tulisan).

Itu aja sih yang bias aq bagiin darii hasil Ngopi Cantik 2 kemaren. Aq dapet banyak ilmu baru dari Ngopi Cantik ini. Yang awalnya ngeblank banget soal SEO, sekarang udah mulai paham dan ternyata penting ya dalam dunia pembloggeran.

Pengen kenal sama Mba Shintaries lebih lanjut? bisa nih dibaca-baca : 
blog nya : https://shintaries.com/
Twitter nya : https://twitter.com/shintaries
IG nya : https://www.instagram.com/shintaries/

Thanks  ya udah mampir,
See u next post
                



















                       



Tidak ada komentar:

Posting Komentar