Percaya Diri dalam Berbicara Bahasa Inggris

Hi moms, baru mulai nulis lagi nih hihihi. Tiba-tiba aku teringat masa sekolah dulu. Coba yang kelahiran tahun 80 an kasih jempolnya, masih inget gak kapan mulai belajar bahasa Inggris di sekolah?. Seingatku yang termasuk kelahiran 80 an, mendapatkan pelajaran bahasa Inggris saat duduk dibangku SMP dan belajarnya pun gak terlalu paham. Kalau jaman anak-anak ku, mereka sudah mendapatkan pelajaran bahasa Inggris sejak duduk di bangku Taman Kanak-Kanak. Walaupun pas di Taman Kanak-Kanak hanya pengenalan dasar saja. Semenjak masuk Sekolah Dasar pelajaran bahasa Inggris nya semakin rumit, sudah mulai belajar percakapan. 

Anak gadis ku yang sekarang duduk di bangku Sekolah Dasar, sangat exited banget belajar bahasa Inggris. Katanya dari semua pelajaran disekolah, pelajaran yang paling disuka adalah pelajaran bahasa Inggris. Nilai-nilai pelajaran bahasa Inggris nya selalu bagus. Tapi dalam berbicara bahasa Inggris, anak gadis agak gak percaya diri. Kalau mamanya suruh praktek berbicara bahasa Inggris, anak gadis gak pernah mau. Karena anak gadis takut salah dalam pengucapannya. Padahal kan semakin sering praktek berbicara bahasa Inggris akan semakin lancar berbicara bahasa Inggris nya. 

Aku sampai cari-cari informasi bagaiana cara anak supaya percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris. Sampai beberapa waktu lalu aku ikut webinar soft lauch "Now Every Child Can Speak". Dari judul webinar nya aja udah wow banget nih, pas banget sesuai yang aku cari-cari selama ini. Aku akan sharing yang aku dapat di webinar ya moms. Webinar ini diadakan oleh perusahaan Fun Gum Tech, yang diisi oleh CEO-Founder Mr. Derek Reeves dan Dr. Maedeh Tadayyon (PhD in Applied Linguistics Master's in Teaching English as a Foreign Language). Pembahasan di webinar seru banget, aku dapet banyak ilmu baru tentang pembelajaran bahasa Inggris.


lexo-lab
Webinar LEXO LAB


Di webinar aku dikenalkan dengan yang namanya LEXO LAB Indonesia. LEXO LAB ini merupakan sebuah sistem pembelajaran bahasa Inggris (English Speaking) yang berasal dari Selandia Baru untuk anak yang berusia 6-12 tahun dan pembelajarannya inovatif. Pembelajaran bahasa Inggris di LEXO LAB ini cukup menarik perhatianku. Belajar menggunakan gambar animasi dan anak bisa langsung belajar kosa kata baru dan belajar pengucapannya. Kutipan ku ambil dari Dr. Maedah Taddayon yang merupakan ahli bahasa di Fun Gum mengatakan "Penelitian kami membuktikan bahwa anak-anak telah mengalami peningkatan yang signifikan pada kemampuan berbicaranya hanya dalam waktu singkat menggunakan LEXO LAB. Terlebih lagi, ada peningkatan penting pada pengenalan kosakata anak, tata bahasanya, keterampilan mendengarkan dan membaca juga.". Wah dari penjelasan Dr. Maedah ini menarik sekali ya, aku gak sabar pengen coba buat anak gadisku.

Mr. Derek Reeves mengatakan "LEXO LAB mengubah cara anak-anak belajar berbicara bahasa Inggris. Pendekatan yang digunakan berbasis pada pengucapan yang mana kemampuan berbicara merupakan pusat dari kurikulum pembelajaran LEXO LAB. Belajar bahasa dengan cara mengucapkannya merupakan cara yang paling mudah untuk diserap otak anak". Kemaren pas webinar juga ada pembicara yang merupakan pengguna LEXO LAB. Beliau adalah Bp. Daniel dari SD Kristen Brawijaya Malang. Jadi sekolah SD Kristen Brawijaya mendapakan fasilitas gratis belajar bahasa Inggris di LEXO LAB dan juga mendapatkan device untuk belajar dari Fun Gum. Derek Reeves berkata "Sangat senang bisa membantu Daniel. Kami tahu bahwa salah satu hal terpenting yang harus anak-anak miliki untuk meningkatkan kehidupannya adalah kemampuan berbahasa Inggris - terutama keterampilan berbicara - jadi kami percaya hubungan ini akan sangat membantu anak-anak". 

Misi dari Fun Gum keren banget kan, jadi semakin tertarik buat coba LEXO LAB. LEXO LAB ini menggunakan kurikulum standar international loh mom. Dan ternyata LEXO LAB ada free trial nya selama 5 hari. Langsung aku coba buka https://app.lexolab.com/ dan daftar free trialnya. Langkah-langkahnya :

  • Buka https://app.lexolab.com/, bisa dibuka di android, iOS, dan desktop.

lexo-lab
Website LEXO LAB via Android


  • Pilih uji coba gratis
  • Masukkan data

lexo-lab
Daftar Free Trial LEXO LAB

  • Lalu cek email, dan akan mendapat username dan password.

lexo-lab
Email dari LEXO LAB

  • Masuk kembali ke LEXO LAB, isi nama pengguna dan kata sandi

lexo-lab
Halaman Awal Website LEXO LAB

  • Lalu anak sudah bisa mulai pembelajaran, untuk memulai pilih GO

lexo-lab
Mulai Belajar Bahasa Inggris LEXO LAB

  • Lalu akan muncul book yang akan dipelajari sesuai umur anak dan dimulai dengan yang paling mudah.

lexo-lab
Belajar Bahasa Inggris Mulai Buku 1

  • Pembelajaran pertama mendengarkan kosa kata, ada 4 kosa kata yang akan dihafalkan anak dan diingat pelafalannya.

lexo-lab
Medengarkan kosa kata Bahasa Inggris

  • Setelah itu anak mulai merekam 4 kosa kata yang tadi dipelajari.

lexo-lab
Mulai Merekam Kosa Kata

  • Diakhir akan dinilai hasil pelafalannya dan jika kurang bagus bisa diulang kembali.

lexo-lab
Nilai Dari Rekaman Pelafalan Kosa Kata Anak


Anak gadis exited banget dengan pembelajarannya, karena menarik dan menyenangkan, dan mudah untuk digunakan. Dari free trial ini aku lihat anak gadis mulai berani mengucapkan kosa kata dalam bahasa Inggris tanpa takut salah. Selain itu anak gadisku bisa belajar Inggris kapanpun waktunya. Happy banget deh sama LEXO LAB ini, bisa membantu anak gadisku menjadi lebih percaya diri dalam berbahasa Inggris. Akhirnya aku daftarkan yang berbayar selama 3 bulan. Harganya pun terjangkau mom, harga untuk 3 bulan Rp. 150.000,00 lagi promo loh. Metode pembayaran untuk pembelian paket berlangganan pun mudah, bisa melalui transfer dari bank apa saja, GoPay, OVO, LinkAja, ShopeePay, dan DANA. Harapan ku anak gadis bisa lancar berbahasa Inggris, gak kayak mama nya yang pelafalan nya aja masih suka salah salah.


lexo-lab
Anak Gadis Belajar Bahasa Inggris LEXO LAB


Oh iya mom, aku akan kasih info menarik nih. LEXO LAB lagi ngadain blog kompetisi dengan cara menceritakan pengalaman mom menggunakan LEXO LAB dan akan ada hadiah yang menarik loh. Yuk ikutan blog competition nya. Untuk info lanjut bisa cek LEXO LAB.


lexo-lab
Blog Competition LEXO LAB
 




2 komentar

  1. Wah menarik bgt ya lexo lab ini mbak.

    Aku juga pengen ajarin anakku b.ingg kalau dia udah lancar ngomong b.indo dulu, skrg dia baru 2th, artikulasinya aja blm jelas hihi

    Aku ga mau anakku sama aku yg telat bgt bisa b.inggris hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. anakku yang 5 tahun juga kadang ngomongnya belum jelas hihihi

      Hapus