The Story of Me...

“The story about everything that I like :)”

Kamis, 21 Desember 2017

Sosialisasi Asian Para Games 2018

Hi... Hi...

Welcome to my blog..


Ga berasa ya udah masuk di penghujung tahun 2017, sebentar lagi kita akan memasuki tahun yang baru yaitu tahun 2018. Oh iya Beberapa waktu lalu aq pergi ke Sumarecon Mall Serpong (SMS) Tangerang, di SMS aq mengunjungi booth Asian Para Games (APG) 2018 yang berada di panggung broadway. Koq bisa ya ada booth APG di SMS? iya karena tahun 2018 ini kita yang menjadi tuan rumah untuk Asian Para Games. Asian Para Games merupakan ajang pesta olah raga asia untuk alet-atlet penyandang disabilitas (cacat fisik).


Nanti yang akan mengikuti APG ini sebanyak 3000 atlet penyandang disabilitas dan ofisial dari 43 negara di Asia anggota dari Asian Paralympic Committee. akan ada 18 cabang olah raga dengan 582 nomor pertandingan akan dilagakan selama delapan hari pada 6-13 Oktober 2018.  Ini 18 cabang olah raga yang akan dipertandingkan :

1. Para Athletic
2. Archery
3. WC Fencing
4. Goal Ball
5. WC Tennis
6. Badminton
7. Tenpin Bowling
8. Table Tennis
9. Lawnbowl
10. Para Swimming
11. WC Basketball
12. Cycling
13. Volleyball Sitting
14. Para Powerlifting
15. Boccia
16. Chess
17. Judo
18. Para Shooting


asian-para-games-2018
Kiri : Ratri Dwifajar Purwani sebagai Indonesia Asian Para Games Organizing Committee IVAPGOC
Kanan : MC IVAPGOC


Indonesia  sudah melakukan berbagai macam persiapan untuk APG 2018 ini begitu pula Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) yang sudah melakukan beberapa tahan persiapan di antaranya melakukan sosialisai, seperti yang saat ini sedang dijalankan pada 20 titik di 16 kota di Indonesia. Kotanya antara lain Medan, Palembang, Batam, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Bali, Makassar, samarinda dan Ambon. Dengan Format booth di beberapa pertokoan besar di tiap daerah yang disinggahi. INAPGOC melakukan penyebaran informasi dan aktivitas yang melibatkan perwakilan National Paralympic Committee (NPC) perwakilan INAPGOC, Atlet penyandang diisabilitas, komunitas difabel, komunitas hobi dan juga pengunjung pertokooan, seperti di Summarecon Mall Serpong ini yang berlangsung dari 13-17 Desember 2017. Nanti di booth akan ada banyak games seperti wheels of fortune, boomerang dan lainnya.


asian-para-games-2018
Games Wheels of Fortune dan Boomerang

asian-para-games-2018
Booth di Sumarecon Mall Serpong

INNAPGOC akan terus menginformasikan kepada masyarakat Indonesia mengenai APG 2018, sehingga pengetahuan masyarakat mengenai APG 2018 ini semakin tinggi dan kemudian tertarik untuk mengapresiasi kegiatan ini dengan menyaksikan langsung maupun tidak langsung. Kegiatan sosial APG 2018 akan melalui media massa, kegiatan offline, maupun media sosial. Slogan APG 2018 yaitu "The Inspiring Spirit and Energy of Asia" yang memiliki 4 misi, yaitu determination, courage, equality dan inspiration. Keempat misi ini diharapkan dapat memperkenalkan tekat kuat dan kepercayaan diri para atlet dalam menghadapi  segala tantangan, baik fisik maupun mental.

APG ini juga berusaha mempromosikan kesetaraan dalam kehidupan bermasyarakat, serta menjadikan aksi para atlet penyandang disabilitas sebagai sumber inspirasi  dan motivasi. APG juga memiliki maskot bernama Momo (Motivation dan Mobilty) yang mengambil inspirasi dari hewan Elang Bondol yang juga merupakan maskot Jakarta. APG ini diselenggarakan setiap 4 tahun sekali dan Indonesia merupakann negara  pertama di Asia Tenggara yang terpilih untuk menyelenggarakan Asian Para Games. Sebelum nya APG ini di selenggarakan di Guangzhou Chinna dan Korea.


Melalui momen ini Indonesia memiliki kesempatan untuk membuktikan diri untuk mewujudkan kesamaaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan yang sejahtera, mandiri dan tanpa diskriminasi untuk hidup maju dan berkembang secara adil dan bermartabat, serta menjadikan Indonesia salah satu negara di Asia yang ramah disabilitas. Untuk APG 2018 ini dubutuhkann 4000 volunteer. Nanti nya volunteer akan mengenalkan acara ini kemasayarat. Untuk bergabung menjadi volunteer bisa registrasi di http://ina2018apg.id/volunteer/. Ayo kita sama-sama dukung APG 2018 ini.



asian-para-games-2018


Thanks buat yang udah mampir.
See u next post.


14 komentar:

  1. Keren ya, atlet asian para games mampu membuktikan kekurangan bukan penghalang untuk meraih prestasi.

    BalasHapus
  2. Bangga banget ya Indonesia bisa jadi tuan rumah.

    BalasHapus
  3. Link volunteernya kok 'page not found' ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya udah full untuk jadi volunteer

      Hapus
  4. Suka terenyuh kalau ngeliat para games dan malu soalnya mereka aja bisa fight tapi kadang aku suka ngeluh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aq juga gitu, mereka aja semangat banget ya

      Hapus
  5. Olahraga parashooting itu apa ya mbaa? penasaraaaan.... :) can't wait buat perhelatan besar ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. parashooting itu seperti terjun payung tapi dilakukan oleh altet yang disabilitas.

      Hapus
  6. Bagus banget nih mbak program bgini. Biar yang disabilitas juga bisa berkarya dan ikut membanggakan negara

    BalasHapus
  7. Dukung banget :) keren pasti, moga lancar acara ini ya nantii

    BalasHapus