Menyusui Dua Tahun? Why Not!

Hi moms, sedang berjuang untuk mengASIhi?. Jangan pantang menyerah moms, pasti moms bisa mengASIhi si kecil. Aku seorang ibu bekerja yang memiliki 3 anak dan pernah mengalami perjuangan menyusui anak dengan penuh suka duka, dan sampai akhir nya aku berhasil menyelesaikan untuk menyusui selama 2 tahun. Aku mau berbagi cerita bagaimana perjuangan ku dalam menyusui ke 3 anakku.

Akan aku mulai dari anak ku yang pertama yang sekarang sudah berusia 13 tahun. Dan kenyataan yang terjadi pada anak pertama, aku gagal untuk memberikan ASI ekslusif. Sedih? pasti sedih banget. Entah kenapa ASI ku tidak keluar sama sekali. Udah ku coba susu in langsung, pijat, perah pakai tangan, perah pakai pompa, dan minum pelancar ASI tapi tetap saja ASI ku gak keluar. Pas anak pertama aku melahirkan dengan metode Caesar. Ditambah lagi pengalamanku kurang banget, dan juga aku kurang mencari informasi tentang mengASIhi. Tapi kegagalan ini gak membuat ku menyerah, aku berjanji pada diri sendiri kalau nanti memiliki anak kedua aku akan berjuang sangat keras untuk memberikan ASI ekslusif.

Setelah 5 tahun kemudian, aku memliki anak kedua, yang dilahirkan dengan metode normal. Saat dirumah sakit bersalin, suster memijat payudara ku dan suster bilang ke aku "Bu ini ASI nya keluar ya". Disitu rasanya bahagia banget, akhirnya aku bisa menyusui anakku. Tapi moms, perjuangan ku gak sampai disitu. Selama 3 bulan aku cuti melahirkan, aku bisa menyusui langsung anakku dengan lancar dan saat seminggu sebelum bekerja aku coba memerah ASI ku dengan pompa ASI. Dan hasilnya dapet dikit banget, sekali perah cuma dapet 20 ml. Mau nangis deh rasanya, mana seminggu lagi kerja. Tapi aku tetep berusaha untuk pompa, karena aku pengen banget bisa memberikan ASI ke anakku paling gak selama 6 bulan.

Akhirnya mulai lah aku kembali masuk kerja dan mulai melakukan pumping di kantor. Hasil pumping di kantor juga gak banyak, aku cuma bisa membawa pulang ASI sebanyak 60 ml, tapi untungnya anakku selama aku bekerja minum ASI 60 ml. Jadi pas banget buat minum anakku yang kedua. Aku merah ASI di kantor hanya 2x dan itu membuat ASI ku makin lama makin sedikit dan akhirnya gak keluar lagi. Jadi aku hanya bisa menyusui anakku yang kedua ini hanya 5 bulan. Tapi aku bersyukur banget masih bisa kasih anak kedua ku ASI selama 5 bulan.

Dan yang gak disangka-sangka 5 tahun kemudian aku hamil anak ketiga. Saat tau hamil, aku langsung mencari informasi sebanyak-banyaknya soal menyusui ini. Karena aku gak boleh gagal lagi dalam memberikan ASI buat si kecil. Anak ketiga ini lahir dengan metode caesar. Aku dapet banyak banget masukkan dari sahabat ku yang berhasil memberikan ASI ke anak kedua nya sampai 2 tahun dan semua masukan dari sahabat ku ini aku praktektan. Apa yang terjadi? aku berhasil moms, memberikan ASI ke anak ketiga ku sampai 2 tahun walaupun aku seorang ibu bekerja. Mau tau caranya?

  • Setelah melahirkan langsung IMD ke baby, yakin ke  diri sendiri kalau ASI kita pasti keluar.
  • Biasanya ibu bekerja mendapatkan cuti melahirkan selama 3 bulan. Saat cuti melahirkan ini aku manfaatkan untuk menyusui langsung ke babynya dan juga sambil memompa ASI untuk stock saat berkerja nanti. Jadi sebelah disusuin langsung sebelah lagi aku pompa. Walaupun awal-awal pumping cuma dapet 10 ml, tapi aku gak menyerah. Sampai akhirnya aku berhasil punya stock ASIP di freezer. Karena semakin kita sering menyusui dan pumping maka ASI kita pun akan semakin banyak. Aku belajar juga dari kegagalan sebelumya yang gak punya stock ASIP karena memompanya terlalu mepet yaitu seminggu sebelum kerja.

Stock ASIP di Freezer

  • Aku merasakan ASI ku banyak pada saat subuh sekitar jam 4 pagi. Jadi setiap subuh saya selalu pompa ASI dan ASIP yang didapat pas subuh itu bisa 100 ml. Dan ternyata adik iparku juga sama, setiap subuh ASI nya banyak.
  • Saat mulai masuk kerja, jadwal pumping aku perbanyak. Saat anak kedua aku hanya pumping 2x, tapi anak ketiga ini aku setiap 1,5 - 2 jam sekali aku pumping. Dan hasilnya aku bisa membawa pulang 400 ml ASIP.
  • Perbanyak minum air putih dan entah kenapa kalo aku abis makan daging sapi ASI ku jadi banyak. 
  • Jangan stress ya moms, walaupun banyak tekanan-tekanan dari kanan kiri kita harus tetap happy dan tetap yakin kalau kita pasti bisa menyusui sampai 2 tahun. 
  • Yang terakhir sampai dirumah tetap menyusui langsung ya, dan pastinya si kecil seneng banget menyusui langsung dengan mamanya (bonding dengan si kecil). 

Menyusui dimanapun dan kapanpun

Menyusui langsung dan sering memompa ASI pasti pernuh perjuangan. Apalagi saat si kecil sudah tumbuh gigi dan mulai menggigit, dan menarik payudara mamanya. Sakitnya minta ampun bahkan sampai puting menjadi lecet. Ini memang problem menyusui yang sering dialami mama-mama lainnya. Tapi demi cinta ke si kecil, seorang mama pasti rela menahan rasa sakit itu.


Mama's Choice Intensive Nipple Cream

Untuk mengurangi lecet pada puting aku menggunakan produk Mama's Choice Intensive Nipple Cream. Aku pakai Mama's Choice ini karena bahan-bahannya aman untuk mama menyusui, dibuat dengan extra kurma dan minyak kelapa, praktis banget gak perlu dibilas, cocok buat kulit sensitif dan hypoallergenic (sudah teruji secara dermatologis). Mama's Choice Intensive Nipple Cream ini halal dan bebas dari toksin berbahaya seperti paraben, phthalate, pewangi buatan dan alkohol. Tekstur Mama's Choice Intensive Nipple Cream ini creamy banget dan pas dipakai dan diratakan di puting gak lengket, creamnya pun langsung menyerap ke kulit.


Mama's Choice Intensive Nipple Cream

Mama's Choice Intensive Nipple Cream

Jadi kalau cari produk aman ibu hamil & menyusui ya Mama's Choice, dan puting lecet saat menyusui ingat Mama's Choice Intensive Nipple Cream. Pengen juga punya produk Mama's Choice? Aku yuk beli di official store Mama's Choice di SHOPEE, pake kode voucher MAMASTFNY nanti moms bisa dapet tambahan diskon 10% loh dengan minimal belanja 150 ribu. Harga Mama's Choice Intensive Nipple Cream ini juga lagi diskon di SHOPEE dari harga 99rb jadi cuma 69rb. Jangan lupa ya saat checkout masukan kode voucher MAMASTFNY supaya dapet tambahan diskon 10% lagi.


Produk Mama's Choice

Ini cara ku berhasil menyusui anakku sampai 2 tahun. Boleh juga nih moms kalau mau dipraktekan. Yuk moms semangat buat menyusui nya dan yuk saling menyemangati mommy lainnya saat mengASIhi.



Tidak ada komentar

Posting Komentar