Ngopi Cantik #3 : "BEAUTIESQUAD 101"

Hi… Hi…

Welcome to my blog




Ketemu lagi nih di akhir November ini hihihi. Beberapa waktu lalu tepatnya tgl 11 November 2017 aq ngikutin lagi acara online melalui grup Whatsapp yang dibuat oleh BEAUTIESQUAD, nama acara Ngopi Cantik 3. Ngopi cantik ini udah di adain 3x loh. Hayo siapa yang udah pernah ikutan? Hihihi klo mau ikutan sering-sering deh cek IG nya BEAUTIESQUAD nanti kalian bakalan dapet info acara-acara yang dibuat oleh BEAUTIESQUAD.


Ngopi Cantik BEAUTIESQUAD bulan ini dibuat dalam rangka BEAUTIESQUAD First Anniversary. Iya BEAUTIESQUAD ulang tahun yang pertama loh.  Nah ini special episode nya Ngopi Cantik yang di beri tema “BEAUTIESQUAD 101”. Penasaran ga apa yang dibahas di Ngopi Cantik 3 ini? Ngopi cantic 3 kali ini akn membahas seluk beluk dari BEAUTIESQUAD yang materinya akan dibawakan oleh “Vina Eska”. Vina ini adalah Beauty Blogger dari Bali  dan juga Vina bertugas sebagai Supervisor Public Relation (SPV PR). Vina ini mulai ngeblog dari tahun 2015, nama blog nya www.vinasaysbeauty.com.


SEJARAH BEAUTIESQUAD


Apa sih  BEAUTIESQUAD itu? BEAUTIEAQUAD merupakan komunitas beauty blogger dari berbagai daerah di Indonesia yang bertujuan menyatukan para beauty blogger Indonesia pada wadah yang sama untuk belajar dan berkembang bersama. Awal bisa terbentuknya BEAUTIESQUAD pada bulan November tahun lalu, founder utama BEAUTIESQUAD Virly KA beserta dua founder lainnya Annisa Pertiwi dan Liana Eka ingin membuat sebuah grup chat untuk Beauty Blogger. Awalnya didirikan dengan nama Beauties saja, namun berganti menjadi BEAUTIESQUAD.

Yang mendasari pemilihan nama BEAUTIEAQUAD karena beauty blogger lebih dari 1 orang jadi dikasih nama “Beauties” dan sebagai menguatkan ini adalah komunitas ditambahkan “Squad”. Jadilah gabungan dua kata itu yaitu “BEAUTIESQUAD”. Nah BEAUTIESQUAD ini berdiri pada tanggal 23 November 2016. Pada tanggal ini juga diadakan kolaborasi pertama BEAUTIESQUAD dengan tema smoke eyes.

Pada masa awal terbentuknya BEAUTIESQUAD, semua orang bisa gabung disini, walaupun ga punya blog. Tapi di awal 2017, dibentuklah kepengurusan dan memutuskan bahwa semua member harus memiliki blog agar sesuai dengan visi dan misi BEAUTIESQUAD. Karena satu dan hal lain, para pengurus mengambil keputusan untuk memiliki grup FB sebagai wadah Beauty Blogger lainnya agar bisa sama-sama berkembang. 

BEAUTIESQUAD ini pertama kali nya bekerja sama dengan brand Inez. Lalu setelah itu BEAUTIESQUAD mulai gencar bekerjasama dengan brand-brand lain. Nah untuk ikut dapet sponsor, BEAUTIESQUAD ga hanya memberikan kesempatan kepada member inti Whatsapp, tapi beberapa kali juga memberikan kesempatan kepada member Facebook.  Kepengurusan BEAUTIESQUAD juga pernah melakukan reshuffle pada pertengahan tahun dan juga membuat beberapa program seperti Ngopi cantik, Collaborasi make up secara kontinyu tiap bulan dan mengarahkan member Facebook grup agar sesuai dengan standar blogger dan BEAUTIESQUAD sehingga bisa masuk sebagai member WA inti. Kedepannya juga nanti akan banyak program kerja (proker) yang akan dilaksanakan supaya member-member BEAUTIESQUAD dapat berkembang menjadi lebih baik. Pasti banyak yang bertanya-tanya ya bagaimana sih cara nya supaya bisa masuk grup WA inti? Nanti akan aq jelaskan ya


VISI DAN MISI


BEAUTIESQUAD pun memiliki visi dan misi :

Visi :
  1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia
  2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer
Misi :
  1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan
  2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand
  3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan
  4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (soon).


KEPENGURUSAN BEAUTIESQUAD


BEAUTIESQUAD melakukan reshuffle kepengurusan kembali seteah melakukan musyawarah antara pengurus dan member inti WA. Hasilnya sebagai berikut :

  • Pergantian nama Pengurus BEAUTIESQUAD menjadi BEAUTIESQUAD Officer. BEAUTIESQUAD Officer ini melaksanakan tugas sesuai visi dan misi BEAUTIESQUAD kedepannya bukan untuk mengurus tugas.
  • Founder : Virly KA, Annisa Pertiwi, dan Liana Eka. Main Founder of BEAUTIEAQUAD : Virly KA. Tugas Founder : Mengambil keputusan cepat dan tegas demi kelancaran visi dan misi BEAUTIESQUAD dan juga memantau Officer agar melakukan tugas sesuai ketentuan.


  • Chief Officer : Vina Eska, yeay… Vina menjabat sebagai Chief Officer baru (Congrats ya!). Tugasnya : melaksanakan visi dan misi yang sudah dibentuk oleh founder, melaksanakan keputusan yang sudah dibuat, membantu founder dalam memantau progress kerja officer dan juga turut memantau, membantu dan memberikan semangat para member dalam menjalani dunia blogger.


  • Community Relations (CR) dulunya bernama Public Relation (PR) : Lia Mmelqha (Supervisor), Fuji Astyani (Sekertaris dan SEO Analysis). Officer sebagai penanggung jawab dalam divisii CR : Liana Eka, Ariani Rosidi, dan Rahma Brilianita. Tugas mereka menjembatani BEAUTISQUAD dengan brand dan juga menjembatani para member dengan BEAUTIESQUAD dan brand. Mereka juga melakukan proker bulanan salah satunya ngopi cantik ini. CR juga membantu Chief Officer dan founder untuk memutuskan anak-anak facebook grup yang lolos kriteria untuk masuk member inti WA.
  • Social Media Squad (SM) dulunya namanya admin : Rani Lukman (Supervisor), Devi Purwati (Officer), Khrairunnisa (Officer) dan Savitri Hutapea (Officer). Tugas mereka memberikan informasi kepada member melalui media social BEAUTIESQUAD dan menjaga image BEAUTIESQUAD di dunia maya. Mereka juga mengurus feed, caption dan memantau insight.
  • Photo Editor Squad (PE) : Raydita (Supervisor), Annisa Pertiwi (Officer), dan Laudita Cahyanti (Officer). Tugas mereka membuat design dari design collab sampai design feed.



PROGRAM BEAUTISQUAD


Sekarang ini BEAUTIESQUAD memiliki beberapa program yaitu : Make up collan, sponsored review dan ngopi cantik. Untuk kedepannya BEAUTIESQUAD akan mengoptimalkan media social untuk dijadikan wadah berkembang bersama. Salah satunya yang utama akan memaksimalkan stories di Instagram yang di beri nama Instragram Take Over. Rencana nya akan membuat ngopi cantic versi  mini setiap minggu nya dan yang dibahas beauty dan blog.

BEAUTIESQUAD juga memutuskan untuk memiliki SEO Analysis. Fungsi dari SEO Analysis untuk membantu pengurus BEAUTIESQUAD mengetahui apakah blog member sudah sesuai dengan kriteria SEO, baik dari template, penulisan dan widget pendukungnya. Ini semua dilakukan supaya member menjadi blogger yang lebih baik.


Buat yang penasaran soal grup inti WA, Grup ini WA merupakan blogger yang sudah masuk sebelum BEAUTIESQUAD hits seperti sekarang ini. Untuk sekarang ini baru 2 orang dari Facebook grup yang bisa lolos sesuai kriteria untuk masuk grup ini WA. Gimana sih bisa lolos masuk grup inti WA?

Syarat menjadi member inti grup Whatsapp :
  1. Punya Blog yang memiliki template SEO friendly dan menarik. Tata penulisan sesuai SEO, enak dibaca, mulai  dari jumlah kaya, keyword, pemilihan kata dan tanda baca.
  2. Blog nya harus Top Level Domain (TLD).
  3. Menulis tentang beauty di blog minimal 2x dalam satu bulan.
  4. Disiplin dan memiliki attitude.
  5. Memiliki fanpage facebook, twitter (minimal 100 follower) dan Instagram (minimal 500 follower).
  6. Aktif di grup, seperti aktif dalam sesi sharing.
  7. Rajin ikut collab, karena Pengurus BEAUTIESQUAD menyeleksi para blogger aktif melalui collab yang diadakan tiap bulannya. Supaya pengurus juga tau kinerja dari member itu bagaimana.
  8. Lolos dari pandangan Community Relations, Chief Officer dan Founder.
BEAUTIESQUAD ingin membuat member menjadi blogger yang lebih baik sehingga mendapatkan banyak benefit seperti adsense, paid sponsored, free beauty box dan lain sebagainya.


KESIMPULAN




Dari acara ngopi cantik yang ke 3 ini aq jadi banyak tau tentang BEAUTIESQUAD. Awalnya aq ga paham soal kepengurusan, padahal kepengurusan ini sering di tulis di grup collab. Tapi masih aja ga mudeng. Nah sekarang aq jadi ngerti deh tugas dan fungsi kepengurusan itu dan tau juga awal terbentuknya BEAUTIIESQUAD. Oh iya BEAUTIESQUAD lagi ngadain blog competition loh yang bekerjasama bareng Nihonmart. Ikutan yuk syarat ketentuannya cek Instragramnya BEAUTIESQUAD ya.



Thanks ya buat yang udah mampir

See u next post




4 komentar

  1. Semangat stefanny! Makasi ya udah nulis :D

    www.vinasaysbeauty.com

    BalasHapus
  2. waah, bagus nih mbak. sayang, kurang bisa make up :D

    BalasHapus
  3. Enak ya sekarang banyak wadah komunitas, seperti Beautiesquad ini, bisa saling berbagi dan bersinergi, pasti banyak ilmu di sini

    BalasHapus
  4. Keren deeh, sukses terus yaa Beauties Squad..

    BalasHapus