Memasak Menggunakan Polytron Jadi Lebih Praktis

Halo mommies, hari Minggu kemaren tepatnya tanggal 25 September 2022, aku pergi ke Farmers Market di Summarecon Mall Serpong untuk mengikuti acara live cooking demo. Live cooking demo ini merupakan kolaborasi antara Polytron, Farmers Market dan Blibli.com. Event live cooking demo ini berlangsung di tiga tempat yaitu Farmers Markers Margo City Depok, Farmers Market Summarecon Mall Serpong, dan Farmers Market Grand Wisata Tambun. 


Live Cooking Demo by Chef Steby

Kebetulan aku mendapat undangan dari Komunitas Emak-Emak Blogger untuk mengikuti live cooking demo di Summarecon Mall Serpong. Live cooking demo di Farmers Market Summarecon Mall Serpong dibawakan oleh Chef Steby Rafael. Pasti kenal donk ya sama Chef Steby, karena Chef Steby pernah membawakan program Chef Traveller di Trans TV tahun 2013 sampai tahun 2014. Di live cooking demo ini Chef Steby akan memasak semur lidah sapi dan rice cooker pancake menggunakan produk baru dari Polytron yaitu Tiara Pot Pro dan Rice Cooker Donabe.


Chef Steby


Polytron Tiara Pot Pro


Tiara Pot Pro


Tiara Pot Pro ini merupakan alat masak serbaguna, karena memiliki 12 fungsi mode untuk memasak berbagai masakan. Mode Tiara Pot Pro ini ada mode sup, daging rebus, presto, bean/chili, slow cook, tumis, nasi, biji-bijian, bubur, kukus, yogurt dan manual/sous vide. Nah saat memasak semur lidah sapi, Chef Steby menggunakan Tiara Pot Pro ini. Daging lidah sapi nya di presto menggunakan Tiara Pot Pro lalu dipotong-potong dan hasilnya empuk tapi tetap berserat. Setelah itu Chef Steby menumis bumbu halus di Tiara Pot Pro. Saat menumis wanginya aduhai bikin perut bunyi. 

Praktis banget kan si Polytron Tiara Pot Pro ini, setelah rebus daging lidah langsung bisa menumis bumbu dan memasak daging lidahnya jadi semur lidah sapi. Dan juga Tiara Pot Pro ini membuat proses memasak 70% lebih cepat dibanding metode masak trasional. Buat ibu-ibu bekerja dengan anak tiga kayak aku, kayaknya bakalan praktis banget kalau aku punya Tiara Pot Pro ini. Oh iya, buat mommies yang mau recook semur lidah sapi ala Chef Staby aku bakalan kasih resepnya nih.


Semur Lidah Sapi by Chef Steby


Semur Lidah sapi 

1 potong lidah sapi 
1,5 liter Air dan 1 sdt garam untuk presto

Bumbu halus :

2 siung bawang putih 
5 butir bawang merah 
2 buah kemiri sangrai 
1 cm jahe 
1/4 sdt biji pala bubuk 

Bahan tumis:

1/2 bawang bombay 
1 buah tomat 
2 lembar bayleaf 
5 biji cengkeh 
1/4 sdt bubuk kayu manis 
1 sdm kecap inggris 
5 sdm saus tomat
6 sdm kecap manis 
30 gr gula merah 
Garam lada dan gula pasir 
500 ml air 

Bahan pelengkap:

1 buah kentang kukus dengan kulit
1 batang wortel potong jardiniere kukus  
100 gr kacang polong seduh air panas

Cara: 
  • Cuci bersih lidah sapi lalu presto menggunakan Polytron Tiara Pot Pro set timer selama 30 menit (Tiara pot Pro akan melakukan proses pengumpulan tekanan selama kurang lebih 10 menit sebelum proses presto dimulai).
  • Angkat lidah sapi lalu kupas kulit lidah yang berwarna putih, iris lidah sapi dan sisihkan.
  • Buang air rebusan lalu letakan kembali panci Tiara pot pro telan mode tumis dan mulai.
  • Masukan minyak dan tumis bumbu halus, tambahkan bayleaf, bubuk kayu manis dan cengkeh tumis hingga harum. 
  • Tambahkan kecap inggris, bawang bombay, cincangan tomat tanpa biji, tumis hingga bawang bombay layu.
  • Tambahkan saus tomat, gula merah dan irisan lidah sapi tumis 2 menit.
  • Tambahkan air dan kecap manis aduk rata.
  • Tutup tiara pot dan pindah ke mode daging rebus masak selama 10 menit.
  • Buka kembali tiara pot, tambahkan larutan maizena sambil diaduk hingga kuah mengental, atur rasa dengan menambahkan garam, gula pasir dan lada sesuai selera.
  • Sajikan lidah sapi dengan bahan pelengkap.
Yang menarik dari Tiara Pot Pro ini adalah memiliki smart steam release yang membuat katup uap mudah ditutup saat memasak dengan tekanan tinggi dan dapat melepas uap dengan cepat sesudah selesai memasak. Design dari Tiara Pot Pro ini juga cakep loh, ada layar display dan lampu LED jadi bisa tau proses waktu memasaknya.

Rice Cooker Donabe



Rice Cooker Donabe

 
Produk kedua yang dipakai Chef Steby adalah Rice Cooker Donabe. Chef Steby pakai rice cooker ini bukan buat masak nasi loh, tapi buat bikin pancake. Keren gak tuh Rice Cooker Donabe ini multifungsi. Dan yang aku suka dari Rice Cooker Donabe ini adalah memiliki teknologi Donahead 3D jadi pemanasan lebih merata dari 3 arah. Dengan adanya Donahead 3D ini nasi tetap hangat tapi tidak berkerak sehingga enak dikonsumi sampai 48 jam. Hasil nasinya pun lebih pulen seperti nasi Jepang.  Rice Cooker Donabe ini bisa masak nasi sampai 2 liter cocok banget buat aku yang memiliki anggota keluarga banyak. Panci rice cooker nya pun sudah ceramic coating yang memiliki lapisan lebih tebal dari panci bisa. Gak usah kuatir moms karena panci nya sudah food grade sehingga aman dipakai untuk keluarga. Hasil pancake menggunakan Rice Cooker Donabe ini hasilnya cakep loh, jadi kayak ada rongga-rongga nya gitu. Nah aku bagi resep Pancake Rice Cooker ala Chef Steby.


Rice Cooker Pancake Donabe


Rice Cooker Pancake


240 gr tepung protein rendah
2 1/2 sdt baking powder
375 ml susu segar
2 butir telur
2 sdm gula pasir
1 sdt vanilla essence
1 sdt ragi

Pelengkap

1 sdt minyak untuk mengoles rice cooker
30 gr mentega suhu ruang untuk olesan toping
8 buah strawberry
beberapa lembar daun mint
80 ml madu
1 sdm icing sugar

Cara :

  • Panaskan rice cooker donabe dalam posisi warm
  • Campur semua bahan adonan hingga gula larut
  • Masukan adonan kedalam rice cooker, tutup dan mulai proses masak
  • Setelah 10 menit rice cooker akan beralih ke mode warm, diamkan 5 menit lalu tekan kembali mode masak, ulangi proses sebanyak 2x lagi (total memasak 45 menit)
  • Setelah matang angkat panci rice cooker, letakan piring terbalik diatasnya lalu balik panci rice cooker
  • Oles permukaan pancake dengan mentega dan toping dengan strawberry, daun mint, icing sugar, dan madu.


Flexible Air Fryer


Selain Tiara Pot Pro dan Rice Cooker Donabe, Polytron juga mengeluarkan Flexible Air Fryer. Nah yang penasaran dengan produk-produk terbaru nya Polytron bisa cek ke instagram nya ya
 

With Chef Steby






8 komentar

  1. Polytron yang Tiara Pot bisa untuj masak nasi gak?

    BalasHapus
  2. Jadi ingat produk polytron yg pertama aku punya adalah radio compo ha ha ha , ini all out banget ya kak alat masak. Buat aku alat itu ngaruh deh untuk masakan, harga dengan kemampuan alat yg didapat, wow banget ini

    BalasHapus
  3. Wah senangnya bisa masak bareng chef. Produk elektronik dari Polytron ini emang sudah terkenal kualitasnya ya mbak

    BalasHapus
  4. Polytron Tiara Pot bisa bikin emak-emak makin mudah menyelesaikan pekerjaan rumah nih, karena serba bisa. Bapack-bapack juga bisa bantu banyak jadinya kalau pake produk ini untuk memasak

    BalasHapus
  5. Polytron Tiara Pot Pro boleh juga ya. Aku kadang pas mresto itu males nungguinnya. Kalau pakai ini, ditinggal gak papa kali ya

    BalasHapus
  6. Merek Polytron memang juara deh untuk barang-barang elektronik di dapur. Jadi memudahkan banget masak dengan berbagai menu. Kebetulan saya juga lagi ngincer airfryernya sih.. biar bisa mengurangi makan gorengan nih. hehehe.

    BalasHapus
  7. Seru banget acaranya..
    Rasanya langsung pingin ngeborong 2 alat masak terbaru dari Polytron ini ya.. Kecanggihan yang ditawarkan bener-bener bikin kemudahan dalam memasak. Selain hemat tenaga juga hemat dalam penggunaan gas.

    BalasHapus
  8. Wah...Polytron sekarang makin produktif ya. Produk-produknya sudah merambah ke perlengkapan masak. Canggih dan harganya masih terjangkau. Keren polytron

    BalasHapus