Talkshow Saraf Kejepit dan Hospital Tour di RS Premier Bintaro

Hi guys, minggu kemaren aku pergi ke RS Premier Bintaro bareng para blogger dan vlogger. Disana kita diajak untuk hospital tour dan mengikuti acara talkshow. Ini baru kali pertama aku ke RS Premier Bintaro dan kesan pertama saat masuk kedalam bener-bener amazing, aku seperti gak berasa lagi ada di rumah sakit. Biasanya kan kalo di rumah sakit tercium bau obat dan ada perasaan sesuatu gitu deh, tapi di RS Premier Bintaro ini beda. Menurut ku yang bikin suasana nya beda karena design interior di rumah sakit nya yang unik. RS Premior Bintaro memiliki lobby utama yang luas dan atap yang tinggi sehingga sirkulasi udaranya bagus. RS Premier Bintaro ini dibangun diatas tanah yang luasnya 12.000 m2 dan mulai beroperasi sehaj 12 Oktober 1998. Sekarang ini RS Premier Bintaro memiliki 200 dokter spesialis.


rumah-sakit-premier-bintaro
RS Premier Bintaro

Aku masuk ke RS Premier Bintaro melalui pintu lobby barat menuju ke lobby utama. Di lobby utama ada meja pendaftaran untuk pasien rawat jalan dan rawat inap dan ada tempat duduk untuk menunggu. Setelah lobby utama, aku berjalan menuju belakang lobby utama. Di belakang lobby utama ada tempat duduk, ada guardian dan ada tempat untuk makan ringat ataupun makan berat. Selain itu ada tempat khusus untuk klinik anak yang diberi nama Sakura Clinics. Para blogger di kumpulkan di belakang lobby utama untuk registrasi ulang. Setelah itu kita dibagi 5 kelompok untuk hospital tour ke fasilitas-fasilitas layanan unggulan yang ada di RS Premier Bintaro. 


rumah-sakit-premier-bintaro
Lobby Utama RS Premier Bintaro


rumah-sakit-premier-bintaro
Belakang Lobby Utama RS Premier Bintaro


Yuk kita mulai hospital tour nya :

Ruang IGD


rumah-sakit-premier-bintaro
Ruang IGD RS Premier Bintaro

Hospital tour pertama kita menuju ke Ruang IGD (Instalasi Gawat Darurat). Ruangan IGD nya luas terdapat 12 tempat tidur dan 1 tempat tidur isolasi. Antara setiap tempat tidur dibatasi dengan tirai jadi privasi pasien tidak terganggu. Layanan IGD ini beroperasi 24 jam dan siap untuk memberikan tindakan yang cepat dan cepat untuk pasien yang membutuhkan penanganan segera.

Ruang Stroke Center


rumah-sakit-premier-bintaro
Ruang Stroke Center

Stroke center ini merupakan salah satu layanan unggulan di RS Premier Bintaro. Stroke center di RS Premier Bintaro dibentuk untuk memberikan penangan stroke mulai dari tahap pencegahan, pengobatan dan pemulihan bagi pasien stroke dari yang mengalami stroke ringan sampai dengan stroke berat. Ada 22 dokter yang berada di stroke center ini untuk membantu pasien stroke.

Ruang Radiologi MRI


rumah-sakit-premier-bintaro
Ruang Radiologi MRI

Ruangan terakhir dari hospitar tour yang aku kunjungi adalah ruang radiologi. Radiologi ini termasuk salah satu layanan unggulan RS Premier Bintaro yang tergabung dalam Spin Center. RS Premier Bintaro merupakan satu-satunya RS di Bintaro yang memiliki alat MRI 3 Tesla. Kegunaan MRI ini adalah untuk melihat saraf, tulang belakang, otot dan jaringan lunak. Suasana di ruangan MRI ini sangat tenang dan di iringi oleh suara musik yang menenangkan. Keunggulan dari MRI di RS Bintaro adalah :

  • Alat MRI nya memiliki diameter yang besar sehingga bisa digunakan oleh pasien yang bahunya lebar.
  • Untuk pasien yang phobia ruang sempit, akan diberikan kacamata khusus yang bisa digunakan untuk menonton film. 
  • Waktu pemeriksaan kurang lebih 20 menit terantung banyak nya yang diperiksa. Waktu pemeriksaan lebih cepat 40-60% dibanding alat MRI lain.
Selain 3 ruangan yang aku kunjungi masih ada ruangan lain yang merupakan layanan unggulan dari RS Premier Bintaro yaitu : Orthopedic Center, Hand Clinic, Sport Clinic, Artroplasti, Vascular Center dan Skin & Laser Clinic. Kelompok blogger mengunjungi ruangan yang berbeda-beda. 


rumah-sakit-premier-bintaro
Ruang Krakatau Lokasi Talkshow


Setelah hospital tour kita para blogger dan vlogger diajak untuk talkshow dengan tema "Mitos & Fakta Saraf Kejepit" dengan narasumber Dr. Omar Luthfi, Sp. OT spesialis orthopedi dan traumatologi. Saraf kejepit merupakan gangguan gerakan akibat jepitan saraf. Saraf kejepit berbeda dengan nyeri punggung bawah. Nyeri punggung bawah biasanya disebabkan oleh otot, struktur tulang belakang, neurogenic, vicerogenic dan psikologis. Sedangkan saraf kejepit disebabkan oleh saraf yang tertekan oleh jaringan tubuh disekitarnya. 

Gejala saraf kejepit :
  • Nyerinya menjalar hingga tungkai bawah
  • Kesemutan dab baal
  • Kelemahan gerakan tungkai
  • Gangguan rangsang BAK dan BAB
Biasanya yang menjadi penyebab saraf terjepit pada usia muda adalah olah raga yang terlalu berat dan kegemukan. Dan yang menjadi penyebab saraf kejepit di usia tua adalah pengapuran tulang dan penyempitan saraf. Untuk bisa menghindari saraf kejepit :
  • Jaga berat badan (cara menghitung berat badan ideal yang mudah menggunakan rumus : tinggi badan - 100, atau hitung menggunakan Body Mass Index / BMI).
  • Olah raga teratur (olah raga yang paling baik yoga, renang dan bersepeda karena low impact)
  • Hindari kegiatan yang high impactt.
Yang utama untuk menghindari saraf kejepit ini adalah berat badan yang ideal supaya bisa kuat untuk menahan beban tulang belakang. Saraf kejepit ini jika tidak diatasi akan bisa mengalami kelumpuhan. Karena itu perlu penangan awal saraf kejepit :
  • Bedrest maksimal 2 hari
  • Minum obat nyeri 
  • Menggunakan korset khusus
  • Perubahan gaya hidup
  • Program rehab medik
Jika setelah penanganan awal masih terasa nyeri yang menetap (lebih dari 6 minggu), terjadi kelemahan anggota gerak, terdapat gangguan bentuk tulang belakang, berpotensi menyebabkan kelumpuhan, maka perlu dilakukan operasi. Tapi di RS Premier Bintaro ini alatnya sudah canggih, menggunakan tehnik dekompresi saraf dengan endoscopy yaitu memasukkan kamera kecil ke area tulang belakang untuk melihat saraf yang terjepit. Jadi tau letak pasti dimana saraf terjepitnya sehingga luka operasi kecil. Sekarang ini ilmu pengetahuan semakin maju, keterampilan dokter semakin tinggi dan peralatan semakin canggih sehingga resiko kelumpuhan pasca operasi hanya 0-2% saja. Dan sekarang ini sedang dikembangkan Robotic Spine Surgery, jadi makin canggih kan operasi menggunakan robot.


rumah-sakit-premier-bintaro
Media Sosial RS Premier Bintaro


Banyak banget ilmu yang ku dapat dari acara talkshow di RS Premier Bintaro dan jadi tau fasilitas dan layanan di RS Premier Bintaro ini kece banget.  


rumah-sakit-premier-bintaro
Moto RS Premier Bintaro







Tidak ada komentar

Posting Komentar